10 Hal Yang Dilakukan Pemilik Kucing Ini Bisa Bikin Kucing Tidak Semangat dan Patah Hati


703 shares

Cat loverss jelas dong kita selalu pengen kucing kita itu sayang dan manja sama kita, bener kan? Nah ini nih ada beberapa hal yang kamu nggak boleh lakukan ke kucing kesayanganmu, karena bisa bikin mereka benci dan kesel sama kamu. Inget loh kucing itu ingatannya kuat jadi mereka akan selalu ingat hal-hal apa aja yang kamu lakukan terhadap mereka. Ini adalah perilaku yang harus kamu hindari:

#1 Berteriak

Indera pendengaran kucing itu berkali-kali lebih sensitif dibanding manusia. Mereka bisa denger suara serangga kecil yang numpang lewat. Mereka pasti panik kalang kabut denger suara hair dryer. Ketika kamu teriak suara kamu akan terdengar sangat lebih kencang daripada yang kamu pikir dan pastinya mereka akan ketakutan. Ini berarti teriakan kamu bikin mereka nggak nyaman dan terdengar sangat keras bagi kucing. Makanya jangan berteriak ke kucing kamu ya senyebelin apapun mereka.

#2 Mengabaikan kucing yang sakit

Seperti yang kita tahu, kucing itu paling hebat buat nyembunyiin rasa ketidaknyamanannya, jadi ketika mereka lagi kesakitan mereka nggak teriak-teriak, tetapi mereka bakal ngasih tau kamu dengan tingkah laku mereka. Nahh kalo kamu nggak perhatiin kucing kesayanganmu dan nyuekin mereka, nggak ngebantu apa-apa ketika mereka menunjukan rasa sakit berulang kali seperti menggaruk-garuk telinga yang sakit atau menggigit bagian perutnya yang bisa aja memperburuk keadaan kucingmu, bisa aja bikin kucingmu marah sama kamu dan berfikir kamu nggak suka sama mereka. Untuk itulah kamu harus memberikan perhatian sama kucingmu biar mereka hidup sejahtera meskipun memperhatikan kucing yang sakit itu cukup sulit ya. Tetapi perhatian kecil kamu itu akan selalu diingat sama kucingmu.

#3 Meninggalkan ruangan dengan lampu dimatikan

Ditinggalin dirumah sendirian yang sepi dengan lampu yang dimatikan, siapa sih yang suka? Kucing kesayanganmu juga akan berfikiran yang sama. Mereka akan merasa sendirian ditinggalkan, dibuang, dan merasa tidak diinginkan.

#4 Meninggalkan litter box dalam keadaan kotor

Yaah gimana ya meskipun sebutan kita majikan tapi kitats yang harus melayani si empush kesayangan, jadi usahakan litter boxnya bersih ketika kamu mau ninggalin mereka. Coba aja bayangin gimana rasanya kalo kamu harus ke kamar mandi tapi toiletnya jorok dan kotor? Yaaak itu juga yang dirasain sama kucing kesayanganmu. Bersihkan litter box secara teratur, karena semua hewan punya hak buat buang air dengan tenang hihihi.

#5 Mengganggu

Hal-hal mengganggu seperti menarik ekor kucingmu (biasanya dilakukan oleh anak-anak), atau meniup muka mereka, menggaruk-garuk bulu mereka ketika mereka mau tidur, itu adalah hal-hal yang membuat mereka tidak nyaman. Perbuatan kecil yang mereka tidak sukai itu akan mereka ingat dan membuat mereka enggan berdekatan denganmu. Emang kucing gemesin jadi bikin kita pengen nguyel-nguyel kucing kesayangan kita tapi ternyata kita juga harus tahu batasan kenyamanan untuk si empush. Jangan bermain-main dengan makanan kucing kamu juga karena bisa bikin mereka bete. Itu nggak keren! Sebaiknya kamu bisa ajak main kucing kesayangan kamu ketika mereka sedang tertarik untuk bermain. Atau kamu bisa sayang-sayang dengan mengelus kucingmu ketika kucingmu mendekatan dirinya ke dirimu.

#6 Melewatkan hal-hal kecil

Tidak memandikannya ternyata bisa membuat kucingmu lesu loh. Memandikan kucing, memotong kuku, membersihkan telinga, dan memeriksa bau mulutnya adalah perhatian-perhatian kecil yang harus kamu lakukan. Kalau tidak kamu lakukan bisa membuat masalah kecil menjadi buruk, ia bisa saja terkena kutu jamur atau penyakit lainnya. Semua hal kecil ini kalau diabaikan bisa semakin bertambah dan membuat kucingmu kehilangan energinya. Kesehatannya menjadi semakin terancam. Gimana mereka bisa sayang sama kamu kalau mereka merasa nggak nyaman sama diri mereka sendiri setiap hari?

 

#7 Menghukum

Kucing nggak akan paham ketika kamu marah-marah atau ngehukum kucingmu ketika mereka melakukan kesalahan. Kucing nggak bisa menerima sinyal itu beda dengan manusia. Ketika kucingmu bikin litter boxnya berantakan atau nyakar-nyakar sofa, kamu bisa cari cara lain untuk ngasih tahu mereka hal itu tapi tidak dengan kekerasan. Sebaliknya, kucing bisa merasakan ketika mereka disayang, jadi ketika mereka melakukan hal baik sayangi kucingmu maka mereka akan melakukan hal itu berulang kali.

#8 Mengabaikan

Kucing memberikan kita arti persahabatan, itulah yang harus kamu berikan pula untuk kucingmu. Tidak memberikan perhatian, tidak mengajak bicara, tidak memberikan kasih sayang, dan tidak ada interasi akan membuat kucingmu sedih, bingung dan kesepian. Peduli amat mau kita dilihat seperti orang gila yang ngajak kucing ngomong tapi faktanya ketika kita berinteraksi dengan kucing, kita seolah memiliki teman baik yang menyenangkan.

#9 Tidak membersihkan tempat makan dan minum

Setiap hewan membutuhkan air bersih untuk diminum. Jadi perhatikan tempat minum kucing kesayanganmu ya, agar terhindar dari debu atau hal lain yang bisa terkontaminasi ke air tempat minum kucingmu dan menyebabkan air tersebut tercemar dan tidak sehat. Alangkah baiknya kalau kamu berikan air minum yang matang untuk kucingmu. Dan juga berikan mangkok yang sesuai dengan ukuran kucingmu. Mangkok berbahan stainless atau kaca lebih bagus untuk tempat minum kucing karena tidak mempengaruhi rasa air dibandingkan mangkok plastik.

#10 Menyakiti

Semua hal seperti mengumpat atau memukul adalah hal yang tidak berperikehewanan, jahat, dan secara moral sangat salah. Hal ini akan menimbulkan ketakutan dalam diri kucing manapun. Tindakan ini bisa dengan mudah mematahkan hati dan semangat kucing. Nyeri fisik dan sakit emosional juga menjadikan kucing takut kepada siapapun yang menyakitinya. Jangan pernah lakukan hal apapun yang bisa bikin kucingmu sakit.

Semua makhluk hidup memiliki keinginan untuk disayang dan dimanja. Betapa bahagianya ketika kucingmu memperlihatkan rasa sayangnya padamu. Maka sayangi kucingmu seperti kamu ingin disayang olehnya.


Like it? Share with your friends!

703 shares

What's Your Reaction?

Gemas! Gemas!
6
Gemas!
Marah! Marah!
2
Marah!
Jenius! Jenius!
1
Jenius!
Ngakak! Ngakak!
0
Ngakak!
Sukak! Sukak!
6
Sukak!
Kaget Kaget
1
Kaget
Takuut! Takuut!
1
Takuut!
Sedih Sedih
25
Sedih
WTF WTF
3
WTF

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles