Cara Mengatasi Kucing Keracunan


503 shares
Cara mengatasi kucing keracunan
Cara mengatasi kucing keracunan

Kucing hewan yang memiliki rasa penasaran yang tinggi sehingga tidak menutup kemungkinan mereka bermain-main dengan sesuatu hal yang dapat menyebabkan keracunan. Keracunan pada kucing adalah hal yang tak bisa diduga dan bisa terjadi kapan saja. Maka kamu sebagai pemilik kucing harus memiliki perhatian apabila ada benda-benda yang berpotensi menyebabkan keracunan pada kucing ada baiknya disingkirkan atau disimpan di tempat yang aman dari jangkauan kucing. Kita akan bahas mengenai cara mengatasi kucing keracunan.

Jangan panik dan cari tahu kemungkinan penyebab keracunan pada kucingmu!

Ketika kamu menemukan kucingmu yang keracunan, sebisa mungkin kamu jangan panik. Karena ketika kamu panik malah akan lebih susah melakukan suatu tindakan untuk menolong kucingmu. Cari tahu kemungkinan penyebab keracunan disekitar kucingmu, apakah ada benda atau barang yang memiliki potensi beracun untuk kucingmu seperti obat pel lantai, pembersih wc, racun tikus, atau tikus dan hewan kecil lainnya.

Pastikan kucingmu berada ditempat yang aman dan bersirkulasi bagus

Gejala paling awal kucing ketika keracunan adalah kejang dan mulut berbusa. Ketika kucingmu mengalami kejang pastikan kucing kamu ada ditempat aman dan tidak ada bagian yang bisa melukai kucingmu. Pegang badannya untuk menghindari luka akibat kejang.

Apabila memungkinkan segera bawa ke dokter hewan

Segera bawa kucingmu ke dokter hewan terdekat apabila kamu menemukan gejala keracunan yang parah seperti kebiruan, kejang, dan lemas. Karena bila tidak ada tindakan akan berakibat fatal. Tetapi apabila lokasi rumahmu cukup jauh dari dokter hewan kamu bisa melakukan pertolongan pertama pada kucingmu.

Karbon aktif dapat mengikat zat racun hingga mengurangi intensitas racun yang masuk ke tubuh kucing.

Karbon aktif sekarang banyak dijual di marketplace dan online shop. Berikan karbon aktif sebanyak 1 gram dicampur dengan 5 ml air bersih yang matang. Lalu suapkan langsung ke dalam mulut kucing. Atau bisa juga dicampurkan ke makanan. Gunakan karbon aktif untuk kucing yang keracunan karena mengkonsumsi obat-obatan (tidak kejang), makanan yang beracun, dan tanaman beracun.

Susu dan air kelapa juga bisa menjadi bahan alternatif cara mengatasi kucing keracunan.

Susu
Susu untuk mengatasi kucing keracunan

Kamu juga bisa memberikan susu (kalau bisa susu bear brand) untuk mengurangi keracunan karena susu dapat mengikat racun dan senyawa lainnya. Tetapi biasanya akan ada reaksi seperti mencret dan muntah. Selain itu air kelapa bisa digunakan untuk rehidrasi dan menetralisir racun dalam tubuh kucing. Gunakan air kelapa hijau dan minumkan langsung ke mulut kucing.

Muntahkan Isi Perut

Selain ciri dan cara mengobati kucing keracunan yang sudah disebutkan, cara selanjutnya agar kucing dapat terbebas dari racun adalah dengan memuntahkannya.

Dalam artiannya adalh kucing harus dapat muntah dan mengeluarkan racun yang masuk ke dalam pencernaan mereka. Anda dapat memberikan hidrogen peroksida 3% dengan dosisnya adalah 2 sampai 4 ml per kilo berat dari kucing. Kamu bisa membelinya DI SINI.

Akan tetapi jika kucing keracunan Asam, Anda tidak boleh membuat kucing muntah. Memaksakan kucing yang keracunan Asam akan memperburuk kondisi kucing. Jangan lupa untuk membersihkan sisa racun dan menyingkirkan makanan, minuman, atau barang lain yang memang sudah dipastikan penyebab racun tersebut.

Setelah melakukan pertolongan pertama pada kucing yang keracunan, segera bawa kucingmu ke dokter hewan untuk menurunkan resiko keracunan yang lebih parah dan mendapatkan diagnosis lengkap keadaan kucingmu.


Like it? Share with your friends!

503 shares

What's Your Reaction?

Gemas! Gemas!
17
Gemas!
Marah! Marah!
7
Marah!
Jenius! Jenius!
8
Jenius!
Ngakak! Ngakak!
4
Ngakak!
Sukak! Sukak!
16
Sukak!
Kaget Kaget
6
Kaget
Takuut! Takuut!
20
Takuut!
Sedih Sedih
41
Sedih
WTF WTF
9
WTF

Comments

comments